Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Buka Lokakarya Panen Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Angkatan V Kabupaten Madiun

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos, Senin (19/12/2022) membuka Lokakarya Panen Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Angkatan V Kabupaten Madiun di Aula Wilis Bakorwil 1, Jln Pahlawan 31 Madiun. Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Dra. Zubaidah, M.H., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun dan Ngawi Supardi, S.H, M.Pd dan sejumlah undangan. 

 


BUPATI MADIUN H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos 
dalam sambutannya mengatakan apabila seorang guru menjalankan tugasnya dengan baik, maka akan menghasilkan siswa yang baik juga. "Saya harapkan ini lahirnya para guru penggerak yang bisa mengurai masalah pendidikan di Kabupaten Madiun. Mereka bisa menjadi motifator dan embrio untuk memberikan siswa kesempatan belajar yang gembira dan tepat sasaran. Sesuai dengan apa yang didapat selama pendidikan dijalankan dengan baik, dan selalu dipraktekkan,”jelasnya. 



KEPALA
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Dra. Zubaidah, M.H. yang dihubungi insan media terkait hal tersebut seusai pembukaan menjelaskan bahwa untuk program merdeka belajar ini di Kabupaten Madiun baru dilaksanakan oleh 385 lembaga. Tahun 2023 nanti akan ada penambahan lagi. "Yang kemarin itu kita diminta untuk memilih dari kurikulum yang ada. Kita saat ini mempersiapkan untuk tahun 2023. Insya Alloh tahun 2023 kita siapkan (seluruh lembaga menerapkan kurikulum merdeka),” jelas Kadin Dikbud Kabupaten Madiun Dra. Zubaidah, M.H



SEMENTARA
itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun dan Ngawi Supardi, S.H., M.Pd dalam kesempatan tersebut berharap  agar para Guru Penggerak tetap bersemangat dalam menjalankan tigas dengan sebaik-baiknya. Diharapkan juga dengan lahirnya para Guru Penggerak ini akan lahir siswa-siswi yang cerdas dan berkompeten “Guru Penggerak harus istiqomah. Dalam artian panjenengan semua harus terus menerus dan tetap semangat,” pintanya sebagaimana yell yell nya Guru Penggerak : Tergerak, Bergerak, Menggerakkan.   



SEBAGAIMANA
diketahui Program Guru penggerak merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Keberadaan Guru penggerak dipersiapkan sebagai penggerak transformasi kepemimpinan pendidikan yang merupakan rencana strategis Kemdikbud Ristek menuju Indonesia Emas 2045.



PENDIDIKAN
Guru Penggerak juga merupakan sebuah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.



PROGRAM
ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan individu selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Sampai angkatan ke V ini pemerintah akan meluluskan Calon Guru Penggerak sebanyak 8.000 dengan target diakhir program ini  sebanyak 55.000 guru penggerak. Pada Senin (19/12/2022) ini merupakan puncak serangkaian Lokakarya (Panen Hasil Belajar) yang dimulai dengan pembukaan melalui Lokakarya Orientasi pada 23 Mei 2022. Kabupaten Madiun akan meluluskan sebanyak 73 CGP yang terdiri dari 19 jenjang TK, 34 (35) jenjang SD, 9 jenjang SMP, 11 jenjang SMA/SMK/PKLK dengan 13 Pengajar Praktik serta 4 Fasilitator (NTB, Aceh dan Riau). (KR-SAIFUL ARIF/AS).

IKLAN

Recent-Post