Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak ikuti Rapat Koordinasi Perlintasan Sebidang Kereta Api di Gedung Grahadi Surabaya

SURABAYA (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (4/1/2023). hari ini, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Perlintasan sebidang Kereta Api yang dipmpin Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Bupati/Walikota dan Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto bersama Kapolres jajarannya. Rakor tersebut digelar dalam rangka untuk melakukan pencegahan dini yang bisa dilakukan dengan cara membuat palang pintu di perlintasan kereta api sebidang.  



GUBERNUR
Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si menyampaikan kalau pemprov juga berupaya penuh membuat palang pintu. Kewenangan pemprov hanya ada sebanyak 19 perlintasan. Saat ini, sebanyak 18 perlintasan dipastikan telah berpalang pintu. "Satu masih sedang berproses itu di Banyuwangi. InsyaAllah segera selesai," ujar Gubernur Khofifah. 



DI SISI lain, para Bupati/Walikota dan kapolres jajaran diminta untuk proaktif membuat rambu-rambu maupun spanduk imbauan di sekitar perlintasan tak berpalang pintung. Sembari menunggu nota kesepakatan untuk merealisasikan palang pintu di seluruh perlintasan kereta api di Jatim. Sedangkan, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Toni mengajak semua pihak baik itu Kementerian Perhubungan, PT KAI, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota bersama-sama membuat palang pintu sesuai kewenangan masing-masing. Sebab, untuk membuat palang pintu memerlukan biaya yang tidak murah.



SEBAGAI
informasi, banyak kasus kecelakaan terjadi di perlintasan tanpa palang pintu. Saat ini, dari 1.082 perlintasan kereta api di Jatim, sebanyak 734 tidak berpalang pintu. Juga disampaikan jumlah kasus pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 21,5 persen dibanding 2021 yang tercatat ada 144 kasus. Sedangkan jumlah kematiannya meningkat tajam, sebesar 89,6 persen dibanding 2021 yang tercatat sebanyak 77 orang meninggal dunia. Demikian informasi dari Dinas Kominfoi Kabupaten Madiun. (KR-AGUNG/AS). 

IKLAN

Recent-Post