Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

20 Unit Rumah Warga Desa Winong, Gemarang Dapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Untuk Bedah Rumah Masing-masing Rp 20 juta

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Sebanyak 20 unit rumah warga desa Winong Kecamatan Gemarang mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk pembangunan rumah tidak layak huni atau yang lebih dikenal dengan bedah rumah masing-masing sebesar Rp 20 juta dengan penggunaan Rp 17.500.000,- untuk belanja barang dan Rp 2.500.000,- untuk upah tukang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Demikian dikatakan  Kepala Desa Winong Nur Wahid didampingi Sekretaris Desa Winong Adi Suryo yang dihubungi Koran KRIDHARAKYAT.COM baru-baru ini.



MENURUT
Kepala Desa Winong Nur Wahid dan Sekretaris Desa Winong Adi Suryo pemanfatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Winong pelaksanaannya berjalan lancar dan tepat sasaran sesuai harapan masyarakat  terutama  warga penerima manfaat. "Alhamdulillah pelaksanaan BSPS berjalan lancar dan tepat sasaran sesuai harapan masyarakat semua, terutama sesuai harapan warga penerima manfaat,” ungkapnya.


DIJELASKAN sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, Program BSPS merupakan dukungan dana dari pemerintah yang ditujukan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk peningkatan kualitas rumah swadaya berasaskan kegotong-royongan. Mereka yang mendapatkan bantuan bedah rumah melalui Program BSPS adalah Warga Negara Indonesia (WNI), sudah berkeluarga, Masyarakat yang Berpenghasilan Rendah (MBR), bersedia membentuk kelompok, belum pernah atau sedang menerima bantuan sejenis dari pemerintah, diutamakan yang telah memiliki keswadayaan dan berencana membangun/meningkatkan kualitas rumahnya. "Sedangkan bangunan rumah yang memenuhi kreteria untuk dibantu adalah  Rumah milik sendiri, satu-satunya dan dihuni, kerusakan pada komponen utama bangunan rumah (atap, lantai, dinding), kelengkapan komponen struktural bangunan, kepemilikan lahan tempat bangunan rumah berada atau akan dibangun, lokasi sesuai dengan rencana tata ruang," tambahnya. 



SEMENTARA
itu, salah  seorang warga penerima BSPS dari Desa Winong Kecamatan Gemarang  mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan bedah rumah ini. “Saya sebagai warga masyarakat kurang mampu merasa sangat terbantu, maka dari itu saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada Bapak Kepala Desa Winong Nur Wahid dan perangkatnya, karena kalau tanpa melalui pemerintahan Desa Winong mungkin bantuan ini tidak akan keluar meskipun pemerintah Desa hanya sekedar mengetahui,” ucapnya. 



MELALUI
Koran KRIDHARAKYAT.COM, Kepala Desa Nur Wahid dan Sekdes Winong Adi Suryo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Madiun dan Pemerintah Pusat yang telah memberikan bantuan rehab rumah warga melalui Program BSPS untuk masyarakat desa Winong Kecamatan Gemarang.Kabupaten Madiun. (KR-SAIFUL ARIF/AS). 

IKLAN

Recent-Post