Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Sekda Prov Jatim Adhy Karyono, A.KS, M.AP Bagikan Bibit Tanaman Vetiver Pada Jambore Capacity Building Pendampingan Tagana

PASURUAN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Bertempat di Taman Candra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, A.KS, M.AP, Jum'at (17/03/2023) lalu  berkesempatan  membagikan secara simbolis bibit tanaman vetiver kepada Tagana di 38 kabupaten/kota pada acara  Jambore Capacity Building Pendampingan Tagana Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Tanaman vetiver diketahui bermanfaat untuk menahan erosi dan memperbaiki kualitas air sungai.



SEKRETARIS DAERAH
Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, A.KS, M.AP, dalam sambutannya pada kesempatan tersebut  menekankan pentingnya meminimalisir resiko korban bencana. Sebab, menurutnya hakikat dari penanggulangan bencana itu adalah pengurangan risiko bencana dan mengurangi seminimal mungkin dampak dari bencana itu untuk masyarakat yang terdampak. "Oleh karena itu fokusnya adalah bagaimana perlindungan sosial dari pemerintah atau masyarakat yang terdampak bencana dan penanggulangan bencana harus dilaksanakan? Sistem yang terpadu, terorganisir, dan terintegrasi dengan baik," ujarnya.


SEKRETARIS DAERAH Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, A.KS, M.AP menambahkan, pemerintah tidak mungkin melaksanakan semua penanggulangan bencana sendirian, baik provinsi, kabupaten/kota, maupun nasional. Sebab pasti akan ada keterbatasannya. Untuk itu, menjadi kewajiban dari masyarakat untuk bisa ikut dalam penanggulangan bencana dalam konsep penanggulangan bencana berbasis masyarakat.  Salah satunya adalah membuka dari unsur-unsur masyarakat yang peduli tentang bencana. Dari sinilah lahirnya Tagana 19 tahun yang lalu.  "Kemudian (Tagana) semakin besar, semakin berkembang dan sifat terbuka siapapun masyarakat dari kalangan manapun, pemuda dari organisasi di manapun berhak untuk ikut dalam satuan relawan Tagana," tandas Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, A.KS, M.AP sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. (KR-PIN/AS).

IKLAN

Recent-Post