Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Hari Waisak 2567, Didampingi Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, M.Si, Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si Kunjungi Maha Vihara Mojopahit

MOJOKERTO (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Pada Peringatan puncak Hari Waisak 2567 Buddhis Era (BE), Minggu (04/06/2023) hari ini, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si melakukan kunjungan awal ke  Maha Vihara Mojopahit (Buddha Tidur) di Kabupaten Mojokerto. Gubernur Hj. Khofifah yang didampingi Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, M.Si disambut langsung pendiri Maha Vihara Majapahit Bhante Viriyanadi Mahathera.



KEHADIRAN
orang nomor satu di Jatim tersebut untuk meninjau langsung kesiapan perayaan Hari Waisak 2023, mulai dari tempat ibadah hingga kondisi patung Buddha Tidur yang menjadi ikon patung Buddha raksasa terbesar di Indonesia ini. “Kami  menyampaikan selamat Hari Raya Waisak tahun 2023, bagi seluruh umat Buddha yang ada di Indonesia,” ujar Gubernur Hj. Khofifah.


KETUA Umum Muslimat NU tersebut menambahkan, kawasan Trowulan tempat patung Buddha Tidur ini dibangun merupakan salah satu pijakan dari kerajaan Mojopahit. “Harapan kita, khususnya di Bumi Mojopahit ini yang mengajarkan Harmonious Partnership antara umat beragama dibangun dengan sangat baik, kebhinekaan juga dibangun dengan sangat baik,” kata Gubernur Hj. Khofifah.


MANTAN Menteri Sosial RI tersebut juga mengatakan, dirinya berharap momentum Waisak dapat dijadikan pijakan untuk membangun kembali nilai luhur persaudaraan kebangsaan.“Tentunya bersama-sama menjaga sesanti yang ditulis dalam Kitab Sutasoma, yakni Bhinneka Tunggal Ika.  Nilai luhur ini harus terus dikuatkan untuk kedamaian dan harmoni ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.


GUBERNUR Jawa Timur selanjutnya  mengingatkan, momentum menjaga keharmonisan dapat diwujudkan dengan tindakan saling menghormati, saling membantu utamanya memperkuat solidaritas sosial yang kuat. “Saya mengingatkan kepada kita semua, agar momen Waisak ini juga sebagai pengingat untuk menyebarkan kebaikan, kedamaian, ketenteraman. Apalagi hubungan harmoni antara manusia dengan Tuhan,  manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan sekitarnya,” pesannya sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. (KR-PIN/AS).

IKLAN

Recent-Post