Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Ajak Kurangi Sampah Plastik Secara Masif

SURABAYA (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si mengajak masyarakat untuk bergerak bersama melakukan aksi nyata mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang (Reduce, Reuse, Recycle) plastik untuk kehidupan sehari-hari. Hal tersebut seperti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 5 Juni  yakni Solusi untuk Polusi Plastik (Solutions to Plastic Pollution). Tema ini memberikan penegasan bahwa polusi plastik menjadi ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. 



“SAMPAH
plastik sudah menjadi isu global. Pada dasarnya kesadaran pengurangan penggunaan plastik ini sudah terasa di berbagai elemen masyarakat, tugas kita  adalah bagaimana agar   melanjutkannya menjadi aksi bersama secara masif,” kata  Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si  di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (05/06.2023). Gubernur Hj. Khofifah mengatakan, sampah plastik merupakan salah satu penyebab masalah pencemaran lingkungan terbesar di dunia, terutama sampah plastik yang terbuang tanpa pengelolaan lebih lanjut. Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (sipsn.menlhk.go.id), di tahun 2022 Indonesia menghasilkan sekitar 68,5 juta ton sampah dan sekitar 18,5% diantaranya berupa sampah plastik. Demikian informasi dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. (KR-PIN/AS).

IKLAN

Recent-Post