Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Di Graha Eka Kapti, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Bulan Timbang

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Bertempat di Graha Eka Kapti Puspem Caruban, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak  Kamis (10/08/2023) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Bulan Timbang yang rencananya dilakukan secara serentak pada Selasa 22 Agustus mendatang. Rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Madiun Suryanto, SE, M.Si,  Kepala Dinas Kesehatan Agung Tri Widodo, S.KM dan sejumlah pihak terkait lainnya.



MENURUT
  Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak jumlah balita di Kabupaten Madiun hingga saat ini (Kamis,10/8/2023) tercatat sebanyak 35.768 yang akan menjadi sasaran pada bulan timbang. Berdasarkan data bulan timbang Februari lalu, angka prevalensi stunting di Kab. Madiun sebesar 13,89%. Dengan bulan timbang di Agustus ini, Wakil Bupati berharap jumlah stunting di Kabupaten Madiun bisa turun di angka 10 %, syukur bisa dibawahnya. “Kita berharap dengan bulan timbang nanti angka stunting kita turun, karena target kita di 2024 adalah 9,5 %. Kemarin kita coba lihat data di bulan Juli, angka stunting kita turun menjadi 11,66% itu dari sumpling yang kita lakukan. Kita berharap pada bulan timbang 22 Agustus nanti, laporannya lebih akurat dan Insyaallah di tahun ini bisa di angka 10 persen atau dibawahnya,” ungkap  Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak.



WAKIL BUPATI  Madiun
 H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak menambahkan kalau selama ini pihakanya sudah melakukan intervensi untuk menurunkan stunting, seperti pemberian makanan tambahan untuk balita yang terindikasi stunting, sosialisasi terhadap ibu hamil dan calon pengantin, juga memberikan pil penambah darah bagi siswi SMP kelas 3 sampai SMA/sederajat sebagai upaya dini untuk mencegah stunting. Khusus untuk ASN yang punya Balita, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak mengimbau agar mereka aktif membantu kegiatan di Posyandu pada bulan timbang serentak. Selain membawa balitanya, Wabup ingin agar ASN menjadi contoh dalam kegiatan bulan timbang.  “Makanya di setiap apel pagi, kita selalu sampaikan bahwa kita memiliki kewajiban yang sama untuk menurunkan stunting termasuk ASN harus berperan aktif agar Kabupaten Madiun segera maju. Karena bulan timbang ini dilakukan serentak, saya minta semua pihak yang terlibat harus satu frekuensi,” pesan Mas Hari sapaan akrab Wakil Bupati Madiun.



DISAMPING
itu, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak juga mewanti-wanti kepada semua pihak terutama dinas terkait segera melakukan intervensi sesuai tugas masing-masing, seperti kepada dinas terkait agar segera mendistribusikan alat timbang elektrik ke semua posyandu sebelum pelaksanaan bulan timbang 22 Agustus 2023 mendatang. Demikian informasi dari Dinas Kominfo Kabupaten Madiun. (KR-AGUNG/AS). 

IKLAN

Recent-Post