Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Masyarakat Desa Randualas Sudah Memiliki Jamban yang Layak Bantuan DPUPR Kabupaten Madiun Melalui Program Sanitasi Tahun 2023


MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - .Desa Randualas sangat bersyukur karena saat ini salah satu wilayah di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun tersebut sudah memiliki sarana sanitasi berupa jamban sendiri dan layak. Sarana tersebut dibangun berkat bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Madiun melalui program Sanitasi tahun 2023.



SALAH
seorang warga Desa Randualas yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari program Sanitasi dari Dinas PUPR pun mengaku sangat senang dan berterima kasih pada pemerintah. “Saya berterima kasih kepada Dinas PUPR Kabupaten Madiun dan berharap yang belum menerima diperhatikan selanjutnya, Alhamdullilah setelah menerima bantuan jamban ini sekarang jauh lebih nyaman dibandingkan ketika belum memliki sanitasi (jamban) yang layak,” ungkapnya.


TERKAIT kelayakan, salah satu warga mengaku program bantuan sanitasi dari dinas PUPR Kabupaten Madiun ini sudah layak. Pasalnya, tidak hanya closset saja tetapi lengkap dengan septic tank, dan komplit dengan bilik dan atapnya. “Sangat bermanfaat sekali apalagi saya punya anak kecil-kecil kesehatannya jadi terjamin. Cukuplah untuk kelas kami bagi saya sudah memenuhi standar,” katanya.


PEMERINTAH Desa Randualas Kecamatan .Kare  mengatakan program sanitasi yang diterima desa Randualas sebanyak 55 unit dan sudah selesai sesuai harapan masyarakat, program sanitasi tersebut dilaksanakan di beberapa dusun yakni  Cara pengerjaan dilakukan dengan melibatkan keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai panitia dan pengelola keuangan sedangkan pihak desa mendampingi dalam hal teknis. Penerima program ini diprioritaskan terutama kepada warga yang sanitasinya belum standar. Seperti masih bentuk kakus, tidak tertutup dan  masih BAB di sungai. “ Program ini baru pertama kali. Sebelum ada bantuan, BAB di tempat seadanya, itu sangat mengganggu dan secara kesehatan sangat tidak sehat.Pemerintah desa dan masyarakat sangat ber Terimakasih kepada PUPR  telah memberikan 55 unit bantuan sanitasi dan selesai sesuai jadwal, karena masih banyak sanitasi yang belum standar, kami berharap selanjutnya memberi bantuan lagi untuk  hidup bersih dan sehat desa kami agar masyarakat lebih baik lagi.’’ 



TERPISAH,
Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Madiun Boby Saktia Putra L, ST menjelaskan sumber dana program sanitasi adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. "Dilaksanakan di Desa Randu Alas mendapat anggaran Rp 550 juta dan dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat ,".kata Boby Sakti Putra L, ST.pada media. (KR-SAIFUL ARIF/AS).  

IKLAN

Recent-Post