Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Upacara Peringatan HUT ke–78 Kemerdekaan RI di Kab.Madiun, Bupati, Wabup Beserta Isteri Kenakan Baju Adat Kabupaten Madiun



MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Upacara Peringatan HUT ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Madiun pada tahun 2023 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos, selaku Inspektur Upacara (Irup) mengenakan Baju Adat Kabupaten Madiun. Begitupun Wakil Bupati Hari Wuryanto, SH, M.Ak,  Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Ny. Hj. Penta Lianawati Ahmad Dawami, SE, M.Si dan Ketua Bidang I TP PKK Ny. Erni Hari Wuryanto, SE juga mengenakan baju adat yang sama.



PEMBACA teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Madiun H. Fery Sudarsono. Komandan Upacara, Dankima Korem 081/DSJ, Kapten Inf. Muhamad Upagapi, sedangkan peserta upacara dari TNI/Polri, ASN, Mahasiswa, dan pelajar.


PENGIBARAN bendera merah putih dan peringatan detik-detik proklamasi yang digelar pada pagi hari berlangsung khidmat. Pasukan pengibar bendera (paskibra) yang terdiri dari 76 pelajar SMA/SMK berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Untuk Pembawa Baki, Rahmalita Oktavia Budiani (SMAN 1 Mejayan), sedangkan pengibar bendera, Rafly Ardiansyah (SMA N 1 Geger), Delfian Ramadhan Kharsima Putra (SMA N 2 Mejayan), Fauzan Arya Widodo (SMA N 1 Mejayan).




BERBAGAI macam atraksi juga ditampilkan usai prosesi pengibaran bendera merah putih dan peringatan detik-detik proklamasi. Mulai dari aubade atau paduan suara yang menyuguhkan lagu daerah dan lagu nasional, parade drumband pelajar SD serta puncak atraksi adalah drama kolosal bertitel Majestic of Dongkrek Kampung Pesilat Indonesia.




DRAMA kolosal yang disuguhkan 100 pelajar SD, SMP dan SMA/SMK tersebut menjadi maskot acara. Penata karya drama kolosal adalah Andika Agustinus, sarjana seni dari sekolah pasca sarjana penata seni pertunjukan dan seni rupa Universitas Gadjah Mada Jogjakarta. Kostum dan koreografi tari serta tata musik yang apik juga menjadi tontonan menarik dan menghibur warga sekitar yang datang ke alun-alun Caruban.


PADA  penghujung upacara, dilakukan aubade lagu-lagu perjuangan paduan suara SMK N 1 Wonoasri, drama kolosal Majesic, Dongkrek Kampung Pesilat Sanggar Karya Kabupaten Madiun dan penampilan drum band anak sekolah dasar. Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos didampingi isteri Ny. Hj. Penta Lianawati Ahmad Dawami, SE, M.Si dan Wakil Bupati didampingi istri Ny. Erni Hari Wuryanto, SE juga menghampiri paduan suara yang turut memeriahkan upacara HUT RI. (KR-ADV/AGUNG M/AS).

IKLAN

Recent-Post