Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Ketua LMSDH Wilis Sejahtera Narji : KBR LMSDH Wilis Sejahtera Dapat Bantuan Dana Rp.100 Juta Untuk Program Rehabilitasi

 MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - "Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan program pemerintah untuk menyediakan bibit tanaman hutan dan jenis tanaman serbaguna (MPTS) yang dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat di pedesaan. Program ini berfungsi sebagai upaya pemulihan lahan kritis, juga membantu perekonomian masyarakat," jelas  Ketua LMSDH Wilis Sejahtera di Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun  Narji pada KR saat menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela bedeng bibit Gemelina, Alpukat,Duren di Kebun Bibit Rakyat yang dikelola kelompoknya. Kebun Bibit Rakyat tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan lindung Solo .Bersama ketua KBR  di desa itu, satu KBR menanam sebanyak 35 ribu bibit di bagi 3 macam bibit , yang rencananya akan ditanam di lahan-lahan kritis seluas 25 hektar milik masyarakat.



MENURUT 
ketua KBR LMSDH Wilis Sejahtera Narji,  saat ini lahan milik masyarakat, terutama milik kelompok tani banyak yang belum ditanami. Sehingga, lahan-lahan tersebut kurang dimanfaatkan secara maksimal. “Alhamdulillah, kelompok kami yang menjadi salah satu yang terpilih dan mendapat bantuan dana sebesar Rp.100 juta untuk program rehabilitasi,” tambah Narji.  


DIJELASKAN juga bahwa, selain cara tanamnya mudah dan jarang terserang hama penyakit, Alpukat,Duren,Gemelina  merupakan tanaman yang memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus. “Kalau harga buah nya memang naik turun. Tapi tembus mencapai ratusan ribu perbiji seperti duren contoh nya. Dengan adanya program ini, masyarakat kami sangat terbantu, dan bisa untuk meningkatkan perekonomian rakyat nantinya karena bibit sebelum di beli di musyawarahkan bersama masyarakat desa.


DISAMPING  menghasilkan buah,  juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pohon  untuk menahan longsor di wilayah pegunungan.“Kami juga memanfaatkan  untuk dijadikan hasil tanaman buah unggulan  seperti Duren dan Alpukat di desa kami saat ini," ungkapnya. .Selain Kelompok LMSDH Wilis Sejahtera  di Desa Bodag ini sangat antusias dengan program tersebut karena program tersebut sangat ditunggu oleh masyarakat sekitar di desa Bodag. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan lindung solo (BPDASHL) solo. Bibit Rakyat (KBR) merupakan kegiatan pembuatan bibit dalam rangka upaya rehabilitasi lahan kritis terutama di luar kawasan hutan.



KBR
dilaksanakan oleh kelompok masyarakat secara swakelola, mulai dari proses pembibitan, perawatan hingga penanaman. Dalam program ini, kata Narji  BPDASHl Solo  memberikan bantuan dana sebesar Rp 100 juta melalui proposal yang diajukan oleh kelompok tani. “KBR ini merupakan salah satu kegiatan rehabilitasi lahan kritis di luar kawasan hutan oleh masyarakat.BPDASHL Solo memberikan bantuan dana, dan prasarana lainnya, seperti naungan, polybag dan lainnya,” tandasnya.


SELAIN bantuan dana, pihaknya juga menyediakan tenaga pendamping, agar proses pembibitan hingga penanaman bibit sesuai yang diharapkan. Untuk tanamannya sendiri,  adalah jenis-jenis tanaman yang diminati oleh masyarakat atau kelompok. Dengan harapan, kelompok masyarakat tersebut, selain dapat memulihkan lahan kritis melalui rehabilitasi hutan dan lahan (RHL), juga dapat membantu perekonomian masyarakat. Karena setiap bibit yang mereka tanam dan tumbuh dapat manfaat kan untuk melindungi dari tanah lonsor. “Jadi selain mereka mendapat upah perminggu dari proses pembibitan, perawatan, mereka juga mendapat kompensasi dari bibit yang ditanam dan tumbuh. Dengan seperti itu, secara ekonomi masyarakat terbantu,” kata Narji. Namun demikian, yang ditanam adalah Duren,Alpukat,Gemelina , tetapi benih untuk pembibitan tidak boleh benih asal-asalan. Melainkan harus mencari benih yang berkualitas, sehingga kedepannya pohon  tersebut dapat menghasilkan buah yang maksimal. “Dengan bibit yang bagus, maka dalam kurun waktu 5 tahun, masyarakat bisa memanen hasil nya tandas Ketua Kelompok KBR Wilis sejahtera Narji. (KR-SAIFUL ARIF/ AS). 

IKLAN

Recent-Post