Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

BELAJAR MATEMATIKA SMA DENGAN APLIKASI GEOGEBRA BERSAMA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UKWMS


Oleh : Gregoria Ariyanti

Dosen Prodi Pendidikan Matematika 

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Kampus Kota Madiun




Siswa didampingi Dosen dalam pelatihan GeoGebra

          

PADA tahun 2023, tim dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kampus Kota Madiun berhasil lolos dalam pengusulan hibah  skema Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Kemenristekdikti. Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari tugas dosen sebagai pemenuhan salah satu tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan PKM yang bekerjasama dengan Prodi Rekayasa Industri UKWMS ini berfokus pada materi matematika SMA yaitu volume benda putar yang bagi sebagian besar siswa SMA sulit untuk memahaminya. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian, siswa diperkenalkan dengan aplikasi komputer GeoGebra dan alat peraga yang dibuat tim pelaksana PKM, yang dapat memberikan gambaran bentuk benda putar yang diperoleh dari perputaran suatu kurva mengelilingi sumbu koordinat cartesius.

 


Siswa didampingi Mahasiswa dalam
pelatihan GeoGebra

          GeoGebra adalah software matematika yang dinamis dan bersifat open source (free) untuk pembelajaran dan pengajaran matematika di sekolah. GeoGebra menggabungkan konsep  geometri, aljabar, statistik dan kalkulus. GeoGebra dikembangkan untuk membantu proses belajar mengajar matematika di sekolah menengah. Pada dasarnya GeoGebra dapat membantu siswa secara spesifik : (1) Sebagai alat penunjang pembelajaran matematika; (2) Sebagai alat penulisan dokumen pendidikan; dan (3) Merupakan alat  untuk menyelesaikan masalah matematika. Beberapa materi matematika yang diajarkan di SMP dan SMA berkisar dari fungsi dan persamaan kurva hingga volume benda putar. Ada banyak jenis fungsi, yaitu fungsi linier, fungsi kuadrat, fungsi trigonometri, fungsi logaritma, dan fungsi eksponensial. Persamaan kurva meliputi persamaan garis lurus dan persamaan lingkaran. GeoGebra dapat membantu  membuat grafik  fungsi dan persamaan kurva bahkan menghitung volume benda yang berputar. Interface (tampilan) dasar GeoGebra dibagi dalam tiga bagian : (1) Input Bar : membuat objek baru, persamaan atau fungsi; (2) Algebra View : menampilkan dan mengedit semua objek dan fungsi; dan (3) Graphic View : menampilkan dan mengkonstruksi objek atau grafik fungsi. Dengan tampilan dan fungsi tersebut, GeoGebra dapat membantu siswa dalam memahami tidak hanya berupa persamaan tetapi juga tampilan grafik atau gambar yang diperoleh. 


 


Sebagian Siswa bersama
dosen dan mahasiswa pendamping 
dalam pelatihan GeoGebra

        MELIHAT manfaat GeoGebra tersebut, menjadi pertimbangan tim pelaksana PKM untuk memperkenalkan GeoGebra kepada siswa, khususnya siswa SMA. Sasaran kegiatan PKM ini adalah siswa SMA Santo Bonaventura Madiun. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa. Harapan dari pelatihan GeoGebra ini dalam pelajaran matematika, agar siswa SMA memiliki pemahaman materi volume benda putar dan kemampuan menyelesaikan soal volume benda putar. Sebagai rencana tindak lanjut, tim pelaksana PKM juga akan mengembangkan alat peraga yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap konsep volume benda putar yang diperoleh dari perputaran suatu kurva mengelilingi sumbu koordinat kartesius.

*) Penulis merupakan koordinator tim pelaksana PKM dan beralamat di Perumahan Margatama Asri Blok G No 3 Kota Madiun

IKLAN

Recent-Post