Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Catat Stok Darah, PMI Madiun Klaim saat Ramadhan Aman



MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)  - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Madiun mengklaim stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Madiun di awal ramadhan ini cukup aman. Tercatat hingga Rabu (13/3/2024) stok darah golongan A tersedia 124 kantong, B 188 kantong, O 180 kantong, dan golongan darah AB 28 kantong.

Kepala Pelayanan UDD PMI Kota Madiun, Dwi Santoso menyatakan, stok darah yang terkumpul saat ini diperkirakan aman hingga seminggu ke depan. Meski begitu, ia terus berupaya menjaring pendonor melibatkan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI). “Berbagai upaya kita lakukan untuk tetap menampung dan menjaring pendonor darah sehingga tercukupi kebutuhan darah di Kota Madiun dan sekitarnya. Kita juga berkomunikasi aktif dengan komunitas pendonor yang diharapkan bisa membantu terselenggaranya kegiatan donor,” ujarnya.

Dwi menyebut, permintaan darah di Kota Madiun rata-rata 1.500 kantong per bulan untuk mengcover sejumlah rumah sakit di wilayah Madiun. Karena itu, ia berharap peran aktif masyarakat untuk melaksanakan kegiatan donor darah.

Sementara itu Sekretaris PDDI Kota Madiun, Windi Lisdorisika menyatakan, selama ramadhan ini PDDI turut serta membantu PMI mencukupi stok darah. Yaitu berkirim surat dan menjadwalkan kegiatan donor darah dengan upaya jemput bola ke sejumlah gereja-gereja. “Kalau di bulan ramadhan ini kan instansi hampir tidak ada yang melaksanakan donor darah, yang bisa hanya gereja, kemudian di masjid itu kita melayani usai salat tarawih. Kita juga berencana melayani masyarakat berdonor di kawasan Pahlawan Street Center (PSC) saat malam hari dengan menyiagakan satu unit mobil UDD PMI keliling itu,” katanya.

Windi menyebut, PDDI Kota Madiun telah menyiapkan tim khusus untuk membantu PMI menjaring pendonor di bulan ramadhan. Tim tersebut terdiri 3-6 orang relawan dari total 18-20 anggota PDDI. “Kita gerak cepat untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan ke masyarakat pentingnya berdonor di bulan ramadhan untuk membantu mencukupi stok darah di PMI Kota Madiun,” katanya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh RRI Madiun. (KR-FEB/AS) 

IKLAN

Recent-Post