Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Madiun Mengajar di Sekolah Pelosok

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Dra. Siti Zubaidah, M.H berada di Kare. Tanpa dibonceng, Siti dengan santainya motoran dari SDN Kare 1 menuju SDN Kare 6 dan 7. Berbalut baju lengan panjang berbalut rompi dan sepatu kets, tidak kentara jika pemotor itu kepala dinas. "Sengaja nyetir sendiri, karena kalau dibonceng justru takut,’’ ungkapnya.



Kedua sekolah yang berada di Kecamatan Kare itu memang susah dijangkau dengan mobil. Paling mudah didatangi dengan sepeda motor. Bermodalkan sepeda motor pinjaman dari salah seorang guru, Dra. Siti Zubaidah, M.H melanjutkan tekadnya untuk melihat kondisi sekolah tersebut meski jaraknya sekitar 9 kilometer. "Asal bukan sepeda motor matik, tetapi operan karena kan banyak tanjakan,’’ beber sembari mengaku kerap bersepeda motor.

Aksi Dra. Siti Zubaidah, M.H mendatangi sekolah tersebut bukan tanpa alasan. Beliau memiliki misi mengetahui secara langsung kondisi sekolah. Berburu feedback apa yang diperlukan sekolah. Mulai mengulik permasalahan sekolah hingga kebutuhan sarana dan prasarana. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, kunjungannya juga untuk memotivasi siswa. Siti pun tidak ragu untuk turun mengajar para siswa. "Kunjungan ini juga sebagai suntikan agar anak-anak punya cita-cita besar demi mengangkat derajat keluarga ke depannya,’’ tegasnya.

Bukan hanya di Kare, dia kerap melakukan hal tersebut di sejumlah sekolah. Aksi ini sudah dilakoninya sejak 2022 lalu. Sedangkan tahun ini mulai intens di Mei lalu. Sekolah yang didatangi berjumlah puluhan. Roadshow mengajarnya mulai Kecamatan Geger, Kebonsari, Saradan, Gemarang hingga Kare. '’Insya Allah semua kecamatan sudah didatangi,’’ imbuhnya.

Dra. Siti Zubaidah, M.H mengaku tidak punya jadwal rutin mengajar. Sekadar sesuai waktu longgarnya. Beliau mengawali dengan membuka kesempatan sekolah mengajukan diri jadi lokasi mengajar ke admin di kantornya. Mana saja sekolah yang akan dikunjungi disesuaikan dengan urgensinya. Nantinya dijadwalkan usai berkoordinasi dengan sekolah. ‘’Memang banyak yang minta dikunjungi,’’ tuturnya.

Selama roadshow ngajar, banyak yang dipelajari Dra. Siti Zubaidah, M.H. Salah satunya minimnya siswa yang menyukai pelajaran matematika. Materi-materi pelajaran numerasi pun bakal di-push ke depannya. Nantinya bisa melalui pembelajaran materi numerasi yang menyenangkan. Siti ingin indeks numerasi pelajar di Bumi Kampung Pesilat bisa bersaing dengan daerah lain atau bukan luar negeri. Sedangkan pengalaman lain unik lainnya, Siti kerap jadi target untuk berswafoto. "Tidak apa-apa, mungkin bisa jadi penyemangat atau kenangan anak-anak sebagai pemantik cita-cita mereka ke depan mau jadi apa,’’ imbuhnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-FEB/AS)


IKLAN

Recent-Post