Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Hari Kridha Pertanian Tandai Perjuangan Petani, Bupati Sugiri Tegaskan Pertanian Jadi Proritas



MAGETAN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Hari Krida Pertanian (HKP) menandai perjuangan dan prestasi petani dalam membangun ketahanan pangan nasional. Prestasi petani di Ponorogo tidak kalah hebat karena masuk 10 besar daerah penyangga pangan di Jawa Timur. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko juga menegaskan  bahwa sektor pertanian tetap menjadi prioritas. 


Dalam Nawa Dharma Nyata berisi visi dan misi saat Kang Bupati atau Bupati Sugiri Sancoko maju sebagai kepala daerah, pertanian menempati poin pertama. “Titik berat program-program unggulan di sektor pertanian karena banyaknya masyarakat yang menggantungkan hidup dari bercocok tanam. Hampir semua orang di Ponorogo apapun pekerjaannya, pasti punya sawah untuk bertani,’’ kata Kang Bupati bersamaan peringatan HKP di halaman kantor Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan), Jumat (19/7/2024). 


Pihaknya selama ini mengupayakan pembangunan irigasi air tanah dalam (IATD), subsidi pupuk, dan program agrosolution dengan harapan mampu menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi petani. Dampak dari peningkatan kecukupan air bersamaan pembangunan jaringan irigasi itu berupa bertambahnya lahan sawah. “Masa panen yang sebelumnya hanya tiga kali dalam setahun, sekarang dapat empat kali. Program IATD di Ponorogo menjadi tujuan studi tiru banyak daerah,” jelas Kang Bupati. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Magetan. (KR-LID/AS) 




IKLAN

Recent-Post