Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Teken MoU dengan Manajer PLN, Bupati Sugiri Terapkan Listrik Bersih Tenaga Surya


PONOROGO (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Ponorogo selangkah maju karena hendak memanfaatkan listrik hijau. Sumber listrik lebih ramah lingkungan karena berasal dari pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT). Bupati Sugiri Sancoko menginginkan instansi di lingkup Pemkab Ponorogo menggunakan layanan Green Energy as a Service (GEAS) milik PT PLN (Persero) . Di atas atap kantor-kantor akan terpasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). “Komitmen kami untuk merawat alam semesta dengan mengurangi emisi karbon dan menyelesaikan permasalahan polusi udara dengan memanfaatkan energi hijau yang berasal dari alam,” kata Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko. 



Kang Bupati sudah meneken MoU tentang GEAS itu dengan  Manajer PLN UP3 Ponorogo Suzana Zein  di Pringgitan (rumah dinas bupati Ponorogo), pada Selasa (16/7/2024). “Program listrik masuk sawah juga akan menggunakan produk GEAS untuk mengurangi biaya operasional petani dalam memenuhi kebutuhan air irigasi,” terang Kang Bupati. 



Sementara itu, Suzana Zein mengungkapkan bahwa pihaknya siap memasang PLTS atap di bangunan kantor perangkat daerah, Pendopo Agung, lembaga sekolah, maupun tiang penerangan jalan umum (PJU). “Produk GEAS itu berupa renewable energy certificate (REC) sebagai jaminan internasional bahwa listrik per megawatt hour (MWh) berasal dari pembangkit EBT atau non-fosil,” tegasnya. Jika segera terealisasi, Pemkab Ponorogo akan tercatat sebagai 50 pelanggan pertama REC di Jawa Timur. Daftar pelanggan saat ini didominasi kalangan industri. “Menjadi pelopor penggunaan listrik bersih yang ramah lingkungan dan transisi energi,” ujarnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. (KR-LID/AS) 

IKLAN

Recent-Post