Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Dinas Kominfo dan Statistik Ponorogo Jadi Tuan Rumah Penilaian Visitasi Statistik Sektoral


PONOROGO(KORAN KRIDHARAKYAT.COM)- Semua perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo harus terus meningkatkan efektivitas data. Ini bersamaan Badan Pusat Statistik (BPS) secara berkala melakukan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) yang notabene untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah itu. “Kaitannya dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Statistik Ponorogo Sapto Djatmiko Tjipto Rahardjo, Jumat (19/07/2024). 



Dinas Kominfo dan Statistik Ponorogo yang menjadi tuan rumah penilaian visitasi EPSS 2024. Sapto berharap semua perangkat daerah memiliki mindset  bahwa data itu penting. “Kalau sudah menjadi mindset (pola pikir) bahwa data itu penting untuk membantu pekerjaan kita, maka juga akan  membantu pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang lebih baik.” jelas Sapto.


Sementara itu, Kepala BPS Ponorogo Evy Trisusanti menekankan pentingnya sistem statistik wilayah terbangun dengan sangat baik. Sebab, menjadi salah satu tolok ukur bagi Indonesia apakah layak menjadi anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). “Indonesia sekarang ini sudah menjadi aksesi keanggotaan negara-negara OECD tapi statusnya masih trial. Kita memiliki waktu tiga tahun untuk memenuhi persyaratan-persyaratan,” ungkapnya. 


Dalam kesempatan yang sama, Hasan As’ari, Ketua Tim Pelaksana TPB (Tim Penilai Badan) untuk Kabupaten Ponorogo,  mengungkapkan bahwa tahap visitasi akan mengukur maturitas (kematangan)  pelaksanaan statistik sektoral dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi sampel. Semakin lengkap dokumen, maka semakin tinggi maturitasnya. “Maturitas ini bukan suatu hal yang bisa direkayasa. Apa yang sudah benar-benar dilakukan, kemudian disiapkan buktinya, kemudian itulah hasilnya,” tegas Hasan. 



Namun, tim penilai tetap memandu hingga seluruh dokumen lengkap. Penilaian EPSS  2024 sudah memasuki tahap visitasi pada Juli ini. Sesuai jadwal, berlanjut ke proses harmonisasi (tahap pembahasan) pada Agustus sebelum keluar hasil dan rekomendasi sekitar September mendatang. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Magetan. (KR-LID/AS) 

IKLAN

Recent-Post