Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Sepanjang Rute Kirab Pusaka Grebeg Suro, Pasukan Oranye Sapu “Ranjau” Sampah



PONOROGO (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) – Peran petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo tidak bisa dianggap remeh selepas kirab pusaka. Pasukan berseragam oranye itu layaknya tim penyapu ranjau yang membersihkan sampah di sepanjang jalan rute kirab mulai area makam Batoro Katong hingga Paseban Alun-Alun Ponorogo. Tidak tanggung-tanggung, sampah sebanyak dua kontainer berhasil dikumpulkan. Pasukan oranye juga mengerahkan unit sepeda motor roda tiga untuk mengangkut sampah. “Kami berkomitmen tidak ada sampah yang menginap setelah acara kirab pusaka,” kata Kepala DLH Ponorogo Gulang Winarno pada Sabtu (6/7/2024). 



Gulang menyiagakan 221 personel pasukan oranye sejak sebelum rombongan kirab pusaka berangkat. Mereka langsung menyisir rute kirab dengan menyapu dan mengumpulkan sampah kertas, plastik, dan sisa makanan. “Kami mengajak masyarakat sadar menjaga kebersihan  dengan tetap tidak mengurangi kemeriahan Grebeg Suro. “Buang sampah pada tempatnya,” ajak Gilang. 


Meskipun, imbuh dia, pasukan oranye bertugas tidak mengenal waktu. Di setiap kegiatan yang mengundang kerumunan massa termasuk peringatan Hari Besar Islam (HBI), mereka siap siaga dengan senjata sapu dan alat bersih-bersih lainnya. “Ponorogo Hebat itu juga karena tetap terjaga kebersihannya,” terang Gulang. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. (KR-LID/AS) 

IKLAN

Recent-Post