Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Buka Forum Perangkat Daerah Disporabudpar, Sekda Nur Solekan: Tangkap Peluang Pariwisata dan Ekraf



NGANJUK (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) – Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk pada Selasa (27/2/2024) lalu di Gedung Balai Budaya Pu Sindok Nganjuk.

Dalam arahannya, Sekda Nganjuk menyampaikan pentingnya pembangunan pariwisata, olahraga, budaya dan ekonomi kreatif untuk kemajuan Kabupaten Nganjuk. Peluang-peluang besar yang ada di Wilayah Kabupaten Nganjuk harus segera ditangkap (segera dimanfaatkan) oleh Dinas Porabudpar Nganjuk. Misalnya, dengan hadirnya Bandara Nasional Dhoho Kediri, Proyek Strategis Nasional Selingkar Wilis, Jalur Lintas Selatan dan Tol Kediri-Nganjuk, ungkap Nur Solekan harus segara diimbangi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk.


Nur Solekan juga mengatakan “Fasilitas sarana prasana yang ada di sana (masuk wilayah Kabupaten Nganjuk) harus kita kembangkan. Dibidang sektor eknomi kreatif dan pariwisata. Ini adalah peluang bagi kita bersama untuk mengembangkan Nganjuk,” katanya.

Beliau juga menambahkan dalam RKPD Kabupaten Nganjuk tahun 2024-2026, tema Nganjuk Tumbuh menjadi icon dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Bayu. Utamanya dengan cara memanfaatkan sektor lain yang sudah ada dan berkembang. “Kegiatan utamanya adalah bagaimana wisatawan bisa lama tinggal di Nganjuk. Artinya kita saat ini sudah memiliki hotel yang representatif. Tinggal bagaimana kita di Dinas Pariwisata mengelola destinasi wisata kita seperti apa kedepan. Agar wisatawan yang datang betah dan senang berkunjung wisata di Kabupaten Nganjuk,” ucap sekda, sembari menyebut di bidang perhotelan, Pemkab Nganjuk telah menyiapkan kamar VIP kelas bintang tiga di Hotel Wisata Karya Sanggrahan Nganjuk.

Ide-ide inovasi lain yang juga bisa dipakai untuk menarik wisatawan, lanjut Sekda, misalnya dengan menghidupkan kembali City Tour Nganjuk. Berwisata keliling kota mengunjungi Taman Kota Nganjuk, ditutup dengan mengunjungi Dekranasda pusat oleh-oleh khas Nganjuk. “Ini adalah cara kira untuk mengenalkan wisata Nganjuk,” ungkapnya.

Selain di bidang ekraf dan pariwisata,  Nur Solekan juga mendorong kemajuan di bidang seni budaya, dan olah raga. Keberhasilan pemuda Nganjuk di bidang kepemudaan dan olahraga, diharapkan akan terus tumbuh prestasi dan inovasi. “Uri-uri budaya harus terus kita lestarikan. Alahamdulillah, di bidang olahraga, atlet angkat berat kita juga bisa tembus perak di tingkat Nasional. Stadion untuk pemuda olahraga, sport center, kita kembangkan secara baik sampai dengan 2025 sudah harus jadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sri Handariningsih, Kepala Disporabudpar dalam laporannya menyampaikan, Forum Perangkat Daerah ini bertujuan untuk merumuskan rancangan rencana kerja Diporabudpar Nganjuk tahun anggaran 2025. “Guna mengintegrasikan proses politik, teknokratik, partisipatif dan pendekatan top down dan bottom up yang diperlukan keterlibatan dari berbagai pemangku kepentingan,” ucapnya.

Sri Handariningsih, berharap sinergi dan kolaborasi dari semua pihak dalam menyukseskan program kerja Disporabudpar tahun 2025. Sebagai informasi, kegiatan FPD ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Asisten Bupati, Kepala Bappeda, Kepala Perangkat Daerah, Camat, perwakilan BUMN, BUMD, serta Organisasi Kepemudaan dan Keolahragaan. Hadir juga  Perhimpunan Kepariwisataan Sadar Wisata, Organisasi Seni dan Budaya, Pemerthati Sejarah, Akademisi dan Pemangku Kepentingan berkaitan dengan urusan porabudpar. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk(KR-LID/AS)

 

IKLAN

Recent-Post