Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Dukung Syiar Reog Ponorogo di Kancah Internasional, PLN Kirim Delegasi Seniman ke Paris


PONOROGO(KORAN KRIDHARAKYAT.COM)- Reog Ponorogo kembali mengguncang dunia. Bertepatan dengan momentum Olimpiade Paris, PT PLN (Persero) mengirimkan enam seniman reog unjuk kebolehan di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel-nya itu. Pertunjukan Reog Ponorogo di Prancis untuk memberikan sambutan khusus kepada Royke Lumowa yang telah bersepeda dari Jakarta ke Paris selama satu tahun dengan tema “Cycling Anywhere to Save the Earth.” Selain itu, sebagai dukungan kepada atlet-atlet Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Paris. 



PT PLN (Persero) peduli mengenalkan Reog Ponorogo agar lebih mendunia. “Kami sangat bangga dengan talenta seniman reog yang luar biasa. Menjadi salah satu kebahagiaan besar bagi kami bisa memberikan support dalam mensyiarkan Reog Ponorogo di kancah internasional,” kata Manajer PLN UP3 Ponorogo Suzana Zein.


Spirit PT PLN (Persero) selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mengantarkan Reog Ponorogo menjadi bagian dari ICH UNESCO yang akan disidangkan pada akhir 2024 ini. Keenam seniman reog yang akan bertolak ke Prancis itu juga berpamitan kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, pada Senin (22/7/2024). “Kami berenam akan perform di pre-event Olimpiade Paris dan berkolaborasi dengan seniman reog yang ada di Paris,” ungkap Wisnu HP, salah seorang delegasi yang juga Ketua Dewan Kesenian Ponorogo itu. 


Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko– menerima kedatangan para seniman itu di Pringgitan sepulang dari menghadiri acara haul Warok Kasni Gunapati atau Mbah Wo Kucing. “Saya titip Reog Ponorogo untuk kembali disyiarkan di Paris Prancis. Jaga kesehatan, tetap semangat, dan semoga mendapat kelancaran,” kata Kang Bupati yang juga seorang budayawan itu. 



Tidak banyak kata terucap dari Kang Bupati sebelum menginstruksikan ajudan menyiapkan tali asih sebagai bekal para seniman. Keenam seniman yang mengusung misi budaya ke Prancis itu adalah Mujiono “Alex”, Rudi Hartono, Wisnu HP, Rahmat Septiyan, Ahmad Nurcholis, dan Diki Ari Wibowo. Mereka rencananya terbang dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada Selasa (23/7/2024) sore, menuju Paris dengan  transit di Hongkong. Usai dari Paris, delegasi juga melakukan lawatan ke  Frankfurt, Jerman. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. (KR-LID/AS) 

IKLAN

Recent-Post