Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Gelar Kirab Uluwetu Bumi Sisipan, Lestarikan Budaya Sukowinangun


MAGETAN(KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Pemerintah Kecamatan Magetan melalui Kelurahan Sukowinangun gelar Kirab Uluwetu Bumi Sisipan yang diberangkatkan langsung oleh Camat Magetan,Yudo Wahyono, S.Sos, M.Si pada Minggu pagi (28/07).

Kirab terdiri dari Kirab Pusaka, Kirab Gunungan Uluwetu, Drumband Pelajar berjalan dengan rute Start kantor Bawaslu Magetan-Jl. Tripandita-Jl. Mayjend Sungkono-Jl. Kunti-Jl. Kapt. P. Tendean- Jl. Baru Timur Pasar Sayur Magetan.

Tema kirab tahun 2024 ini menceritakan sejarah bergabungnya Banjarmlati dengan Sukowinangun. Prosesi penyerahan pusaka berada di Kelurahan Sukowinangun lalu berlanjut diarak menuju jalan baru timur pasar sayur Magetan. Festival Lempeng Sukowinangun juga turut digelar disaat bersamaan. Acara dirangkai dengan Prosesi inti Andum Berkah Gunungan Uluwetu.

Ketua panitia acara Nur Amin menyampaikan bahwa tujuan dari gelaran kirab ini untuk menggali potensi melestarikan budaya di wilayah Sukowinangun “Acara ini terselenggara bertujuan untuk menggali potensi Masyarakat Sukowinangun yang berbudaya berbudi pekerti luhur untuk terus berinovasi di kalangan masyarakat Kelurahan Sukowinangun,” paparnya .

Pada kesempatan yang sama Camat Magetan Yudo Wahyono, S.Sos, M.Si memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh elemen masyarakat yang telah mensukseskan gelaran kirab hari ini.  “Kirab ini sudah dilaksanakan dua kali merupakan wujud syukur terhadap berkah hasil bumi di wilayah Kecamatan Magetan tepatnya di Kelurahan Sukowinangun serta apresiasi yang setinggi-tingginya dari pemerintah kecamatan Magetan semoga Inovasi kelurahan Sukowinangun dimana UMKM lempeng adalah khasnya serta kegiatan seperti ini diharapkan bisa memacu potensi lainnya muncul di wilayah Magetan lainnya,” ucapnya.

Hadir dalam acara kirab jajaran Forkopimca, Camat, Lurah Sukowinangun, dan perangkat, Lurah Kades Se-kecamatan Magetan beserta undangan OPD terkait. Pemenang hasil Festival Lempeng dalam rangkaian Kirab Uluwetu Bumi Sisipan juga diumumkan. Kirab ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan lainnya yaitu drum band pelajar, bazar umkm, dan electone.Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Magetan. (KR-LID/AS) 

IKLAN

Recent-Post