Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Perbaiki Peringkat Ponorogo di Porprov, Gelar Kejurkab dan Pemusatan Latihan July 24, 2024 Kominfo



PONOROGO (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ponorogo sedang memiliki gawe besar. Yakni, menggelar kejuaraan kabupaten (kejurkab) beragam cabang olahraga (cabor) yang berada dalam naungannya. Bersamaan itu, monitoring atlet yang berpotensi meraih medali di Porprov Jatim. “Kami juga menyiapkan pemusatan latihan untuk menghadapi Porprov Jatim 2025 yang akan berlangsung di Malang,” kata Ketua Harian KONI Ponorogo Sumani, Selasa (23/7/2024). 



Mantan kepala dinas sosial itu sempat mengungkapkan kendala Ponorogo sulit menempati 10 besar klasemen peraih medali Porprov Jatim. Di antaranya, kontingen hanya mengikuti seperempat dari cabor yang dipertandingkan dalam pekan olahraga provinsi itu. “KONI mulai membentuk kepengurusan cabor-cabor sekaligus melakukan pembinaan atlet,” terang Sumani sembari menyebut jumah 26 cabor yang ada di Ponorogo. 


Masih kata dia, KONI membentuk tim monitoring yang memantau juara-juara dari berbagai cabor di kejurkab. Nama-nama atlet yang layak masuk pemusatan latihan akan diputuskan oleh tim. “Anggaran dari  APBD memang difokuskan untuk tiga kegiatan. Pembinaan 26 cabor, pembiayaan kejurkab, dan pendanaan cabor unggulan,” rincinya. Sementara itu, Aji Bangkit Pamungkas, salah seorang pelatih cabor pencak silat, mengungkapkan pentingnya kejurkab dan ajang kompetisi lainnya untuk mengukur prestasi atlet. Cabor pencak silat layak menjadi unggulan karena selalu meraih medali porprov. “Kita unggul di nomor perseorangan, kalau di nomor beregu masih terkendala fasilitas latihan,” ungkapnya. 


 


Peraih medali emas Kejuaraan Dunia di Malaysia 2023 itu juga mendukung adanya pemusatan latihan. Sebab, atlet akan lebih siap mengikuti kejuaraan dengan bekal teknik dan fisik yang mendukung. “Potensi meraih medali jauh lebih besar,” ujar Bangkit. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. (KR-LID/AS) 

IKLAN

Recent-Post