Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Ketua Bawaslu Pacitan Sebut Bakal Pelototi ASN di Pilkada 2024, Pastikan Abdi Negara Jaga Netralitas


PACITAN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Kampanye Pilkada  Serentak 2024  telah dimulai. Netralitas ASN dalam pesta demokrasi menjadi sorotan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pacitan. Antisipasi potensi kecurangan terus dilakukan, termasuk mengingatkan pemerintahan tingkat bawah, yakni pemerintah desa (pemdes).


Menurut Ketua Bawaslu Pacitan Syamsul Arifin, ASN memiliki peran penting dalam menjaga integritas penyelenggaraan pilkada. ‘’Netralitas ASN sangat krusial untuk memastikan proses pemilihan berjalan adil. Meskipun ASN memiliki hak pilih, mereka harus bebas dari intervensi politik dan tidak terlibat dalam kampanye atau aktivitas politik praktis,’’ tegasnya, Minggu (6/10).


Bawaslu telah melakukan sosialisasi terkait aturan netralitas ASN sebagai langkah preventif. Pun akan meningkatkan pengawasan selama masa kampanye untuk mendeteksi dan menangani kemungkinan pelanggaran netralitas ASN. ‘’Dengan pengawasan ketat dan pemahaman yang baik dari ASN, kami berharap Pilkada Serentak 2024 di Pacitan dapat berlangsung sukses tanpa kendala,’’ ujarnya.


Bawaslu berharap seluruh ASN dapat memahami konsekuensi dari tindakan yang melanggar aturan netralitas demi terciptanya pilkada yang berkualitas dan demokratis. Sebagai upaya untuk memastikan netralitas ASN, Bawaslu aktif sosialisasi.ASN diimbau menjaga integritas dan tidak terlibat dalam politik praktis demi menjaga profesionalisme dan kepercayaan masyarakat terhadap pilkada. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-LID/AS)




Bawaslu juga akan terus memantau dan bersikap tegas jika ASN terbukti melanggar netralitas.Langkah ini dilakukan untuk menjaga keadilan dan transparansi dalam setiap tahapan Pilkada Serentak 2024.‘’Dengan semakin dekatnya hari pemilihan, Bawaslu terus berkomitmen menciptakan lingkungan pemilu yang jujur, adil, dan bebas dari pengaruh politik yang tidak semestinya, termasuk di kalangan ASN,’’ jelasnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh RRI Madiun. (KR-LID/AS)

IKLAN

Recent-Post