Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Kecamatan Wungu



MADIUN (KORAN KRIDHRAKYAT) - Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan, program kegiatan dengan memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, manfaat dan permasalahan perempuan dan laki-laki yang berbeda ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan. Demikian kata Hamindah Ismawati, Ketua TP PKK Kec. Wungu yang di dampingi Sekcam. Wungu Bapak Anggara saat Kegiatan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender yang dilaksanakan di Gedung Pertemuam Kecamatan Wungu pada Selasa, (22/10) lalu.


IBU ALIP BALIATI MASHUDI  dari pokja 1 TAPI PKK Kab. Madiun sebagai narasumber kegiatan tersebut mengatakan, bahwa Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender diperlukan agar sumber daya manusia baik laki-laki maupun perempuan mempunyai hak dan kewajiban serta peran dan tanggungjawab yang sama sebagai bagian integral dari potensi pembangunan daerah sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan, karena Gender bukan didasarkan pada perbedaan biologis, Definisi gender berbeda dengan jenis kelamin, karena gender adalah konsep yang mengacu pada pembedaan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang dibentuk atau dikonstruksikan (rekayasa) sosial dan budaya, dan dapat berubah dari waktu ke waktu. “PUG merupakan strategi untuk meyakinkan bahwa isu gender diperhatikan dan diimplementasikan dalam program dan perencanaan, serta kegiatan yang diharapkan ,agar kiranya ibu  PKK  dapat mengaplikasikan pengarusutamaan gender dalam setiap kegiatan di masing-masing ibu PKK nya,” tandasnya.


DIAKHIR kegiatan, Hamindah ismawati menyampaikan agar kader PKK melakukan pendataan Stunting dan kegiatannya lainnya yang berkaitan dengan  Pengarusutamaan Gender. “Selanjutnya masing - masing ibu PKK dapat membuat Perencanaan dan Program dan dapat di Aplikasikan dalam setiap kegiatan di masing-masing di desa nya,” pungkasnya.  (KR – SAIFUL ARIF)





IKLAN

Recent-Post