Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Pj Gubernur Ziarah ke Makam RMT Soeryo di Magetan, Jelang HUT ke-79 Jatim


MAGETAN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) -  Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melakukan ziarah ke makam Raden Mas Tumenggung, RMT Ario Soerjo atau yang lebih dikenal dengan nama Gubernur Soeryo di Komplek Makam Jl. Salak No.15, Dusun Onggoprayan, Selosari, Kec. Magetan, Rabu (2/10/2024).


Ziarah ini dilakukan dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79 tahun 2024. "Kami berziarah ke orang yang sangat berjasa di Jawa Timur dan statusnya sebagai Pahlawan Nasional dalam rangka HUT ke-79 Jawa Timur, yakni Raden Aryo Soeryo," terang Adhy.


Adhi menilai sebagai Gubernur Jawa Timur pertama, Raden Mas Soeryo yang juga pernah menjabat Bupati Magetan saat itu memiliki peran dan sejarah yang sengat penting karena telah meletakkan fondasi untuk Propinsi di Ujung Timur Pulau Jawa ini."Kita harus mengingat siapa yang paling berjasa meletakkan pemerintahan provinsi yg pertama," ungkapnya.


Adhy datang bersama Forkopimda  mengaku ingin mengenang perjuangan dan pengorbanan Raden Mas Soeryo sebagai pijakan dalam mengemban tugas mengabdi kepada masyarakat. "Perjuangan beliau luar biasa hingga akhir hayatnya. Wafat dengan cara dibunuh itu bagian dari pengorbanannya dan itu tidak ternilai," sambung Adhy. 


Pihaknya pun mengajak seluruh masyarat untuk mengenang para tokoh nasional siapapun itu yang telah banyak berjasa bagi perjalanan bangsa, khususnya Jawa Timur."Kita kenang dan kita mendoakan Raden Mas Soeryo, termasuk gubernur-gubernur yang lain," tandasnya.Selain ke makam Gubernur Soeryo, Pj Gubernur juga menjadwalkan berziarah ke para makam Gubernur Jatim lainnya dan bersilaturahmi kepada yang masih hidup.  Demikian sebagaimana diinformasikan oleh RRI Madiun (KR-LID/AS).


IKLAN

Recent-Post