Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Prasetyo Hadi, Tokoh Asal Ngawi, Didapuk Sebagai Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg

NGAWI (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Presiden RI Prabowo Subianto telah mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Merah Putih. Salah satu di antaranya adalah Prasetyo Hadi, tokoh asal Madiun Raya yang didapuk sebagai Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg. Diketahui, Prasetyo Hadi lahir di Ngawi pada 28 Oktober 1979. Sebelumnya, ia merupakan Anggota Komisi II DPR RI untuk periode 2019-2024.



Perjalanan pendidikannya dimulai di SD Katolik Santo Yosef Ngawi, kemudian berlanjut ke SMP Negeri 2 Ngawi dan SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang. SMA TN dikenal sebagai sekolah yang terkenal menghasilkan banyak pemimpin bangsa. Gelar Sarjana di bidang Konservasi Sumberdaya Hutan diperolehnya dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006.


Kiprah Prasetyo di dunia politik bermula ketika ia bergabung dengan Partai Gerindra pada tahun 2008. Di partai ini, ia mendapatkan tanggung jawab besar sebagai Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra. Dalam posisi ini, Prasetyo berperan aktif dalam pengembangan program strategis partai, menjadikannya salah satu kader penting di Partai Gerindra.


Karier politik Prasetyo semakin melesat ketika ia dilantik sebagai anggota DPR pada 1 September 2020, menggantikan Harry Poernomo yang sebelumnya mengundurkan diri. Pada Pemilu 2019, Prasetyo meraih 34.522 suara sah. Raihan ini menempatkannya sebagai peraih suara terbanyak kedua dari Partai Gerindra di daerah pemilihan Jawa Tengah VI. Daerah ini mencakup wilayah penting seperti Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Purworejo.


Sebagai anggota DPR di Komisi II, Prasetyo terlibat penanganan isu pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, reformasi birokrasi, kepemiluan, serta pertanahan dan reforma agraria. Peran ini memperkuat posisinya sebagai tokoh penting dalam lanskap politik nasional. Selain aktif di politik, Prasetyo juga memiliki pengalaman profesional yang solid di sektor swasta. Ia pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Sentra Strategis Indonesia dan Direktur Utama di PT Tusam Hutani Lestari, yang memperkaya pengalaman dan wawasan kepemimpinannya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-FEB/AS)

IKLAN

Recent-Post