Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto Resmi di Lantik Pada 20 Oktober 2024

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Pelantikan presiden adalah proses resmi pengambilan sumpah jabatan dan penyerahan mandat kepada presiden terpilih yang dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) setelah hasil pemilihan presiden dinyatakan sah. Pelantikan presiden adalah simbol penting transisi kekuasaan secara demokratis di Indonesia. Terbaru, 20 Oktober 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden terpilih menggantikan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. 



Penetapan tanggal pelantikan presiden di Indonesia tidak memiliki alasan khusus selain mengikuti pelaksanaan UUD 1945 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang masa jabatan presiden selama lima tahun. Setelah Presiden Abdurrahman Wahid dilantik dalam sidang umum MPR 1999, tepatnya 20 Oktober 1999 malam, telah ada 4 Presiden yang dilantik pada tanggal yang sama, yakni 20 Oktober.


Susilo Bambang Yudhoyono, dilantik pada 20 Oktober 2004 di Gedung MPR/DPR, saat itu SBY berpasangan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pada periode kedua, Susilo Bambang Yudhoyono juga dilantik sebagai presiden pada tanggal 20 Oktober 2009, berpasangan dengan Wakil Presiden Boediono.


Joko Widodo, Presiden terpilih periode 2014-2019 ini dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014, pada periode pertama, Presiden Joko Widodo berpasangan dengan Jusuf Kalla. Pada periode kedua berpasangan dengan Ma'ruf Amin, pelantikan juga dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2019.  Lokasi pelantikan biasanya dilksanakan di Gedung MPR/DPR di Jakarta, di hadapan anggota MPR, DPR, tamu undangan, serta perwakilan negara-negara sahabat. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh RRI Madiun. (KR-FEB/AS)

IKLAN

Recent-Post