Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Program Pendampingan Perencanaan Karir dan Peningkatan Entrepreneur Skill Siswa SMPK Slamet Riyadi Ponorogo

Andi Cahyadi, Marcella Mariska Aryono, 

Haris Wibisono

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun 



Ponorogo, 30 September 2024






MASA remaja adalah masa yang penting untuk menentukan masa depan. Hurlock (2000) dalam bukunya yang berjudul Psikologi Perkembangan mengungkapan bahwa salah satu tugas perkembangan remaja adalah mempersiapkan karir mereka untuk masa depan yang lebih baik. Namun permasalahan yang terjadi di lapangan adalah banyak remaja yang telah duduk di bangku SMA masih belum mengetahui mau kemana setelah lulus sekolah. Hal ini yang menggelitik Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kampus Madiun untuk menyelenggarakan sebuah Program Pendampingan Perencanaan Karir dan Peningkatan Entrepreneur Skill (Career Plan Strategy) untuk siswa SMPK Slamet Riyadi Ponorogo. Dipilihnya SMPK Slamet Riyadi Ponorogo karena berdasarkan tes bakat minat di sekolah ini pada akhir tahun lalu menunjukkan bahwa sebagian besar jurusan kuliah yang diinginkan siswa tidak sejalan dengan pekerjaan yang diinginkannya. Kepala Sekolah SMPK Slamet Riyadi Ponorogo, Ibu Kresensiana Vitarini, S.S. menyambut gembira program ini karena merupakan jawaban atas tantangan dunia Pendidikan saat ini. Dalam sambutannya beliau mengatakan:  "Perubahan zaman yang cepat menuntut siswa untuk lebih siap, baik dari segi perencanaan karir maupun dalam menghadapi dinamika dunia bisnis. Kami ingin memberikan bekal keterampilan kewirausahaan yang akan mereka butuhkan, baik di masa pendidikan lanjut maupun di dunia kerja nanti."



PROGRAM PKM Career Plan Strategy ini dilakukan oleh dosen Program Studi Psikologi bersama dengan Dosen Program Studi Akuntansi. Program ini juga melibatkan mahasiswa untuk membantu pelaksanaannya sebagai bagian dari pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan soft skill mahasiswa. Program PKM Career Plan Strategy yang dilaksanakan pada bulan September 2024 ini bertujuan membantu siswa dalam merencanakan jalur karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing siswa, serta memberikan pengetahuan dasar tentang entrepreneurship dan cara mengembangkan ide bisnis.

SELAIN bertemu muka dengan para siswa, Program PKM ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis android yang diberi nama AKADEMI.ID. Ketua Tim PKM, Bapak Andi Cahyadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog beserta dengan anggota tim Ibu Marcella Mariska Aryono, S.Psi., M.A. dan bapak Haris Wibisono, S.E., M.Si., Ak. telah merancang dan membuat aplikasi berbasis android ini secara lengkap untuk melaksanakan program PKM Career Plan Strategy. Aplikasi AKADEMI.ID ini antara lain berisi tes minat, tes bakat, tes kepribadian dan juga pelatihan entrepreneur skill maupun modul-modul pelatihannya. 

DI AWAL pelaksanaan pendampingan, para siswa melakukan asesmen karir awal untuk mengetahui minat, bakat, dan potensi masing-masing siswa. Berdasarkan hasil tes minat, bakat, dan potensi ini maka disusun peta jalur karir dan jurusan pendidikan yang harus ditempuh untuk mewujudkan karir yang diimpikan para siswa. Di samping itu, siswa juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar tentang entrepreneurship, termasuk cara mengelola dan mengembangkan ide bisnis, hingga membuat simulasi bisnis sederhana. Memiliki entrepreneur skill bagi para siswa lebih ditekankan karena ketrampilan ini tidak hanya perlu bagi yang memilih berwirausaha, tetapi juga yang memilih bidang pekerjaan lainnya. 

KEGEMBIRAAN dan antusias terlihat dari para siswa peserta dalam mengikuti program ini. Program yang berfokus pada pembelajaran interaktif dan diselingi dengan ice breaking yang menyenangkan menjadikan peserta tidak merasakan kejenuhan, bahkan para peserta merasakan manfaat dari program PKM ini. Seperti yang diungkapan Florentina Widya Putri salah seorang peserta, "Aku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini, bisa mengetahui karir yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuanku, terlebih aku bisa tahu cara memulai bisnis dari ide yang aku punya. Ini bikin aku lebih percaya diri buat masa depan," ujarnya antusias. Pada saat menutup kegiatan ini, tim berharap program PKM Career Plan Strategy dapat berlanjut, oleh karena itu modul pendampingan Perencanaan Karir dan Peningkatan Entrepreneur Skill diserahkan kepada pihak sekolah untuk bisa dipakai dan dikembangkan untuk tahun-tahun mendatang.







IKLAN

Recent-Post